Pengalaman Merasakan Layanan yang Baik dari Aduan Pelanggan PLN

Sejak menempati rumah baru, hampir tidak pernah mendapatkan masalah terkait dengan kelistrikan. Masalah yang dulu mati karena daya yang tidak cukup, namun setelah proses tambah daya, semua beres.

Namun, ada yang sedikit berbeda kemarin. Listrik di rumah mati. Saya kira awalnya karena pemadaman bergilir karena memang sedang musim hujan. Ternyata tidak. Meteran listrik mati, dan MCB (Miniature Circuit Breaker) di lantai satu ternyata juga mati. Duh, sepertinya ada konsleting listrik.

Untuk mengetahui aliran mana yang konslet, sebaiknya seluruh barang elektronik dimatikan, lalu nyalakan listriknya, dan terakhir nyalakan barang elektronik satu per satu.

Namun, ketika ada saat dimana listrik mati (lagi), meteran listrik PLN tidak bisa dinyalakan sama sekali, alias mati total. Lampu indikator pulsa sama sekali tidak menyala. Dan listrik padam total, di sekitar pukul 22.40 WIB. Duh!

Menunggu sampai pagi, dalam suasana gelap total sepertinya bukan pilihan. Akhirnya, saya putuskan untuk menghubungi layanan gangguan PLN di nomor 123. Saya hubungi 0274123 (karena saya di Jogjakarta, jadi saya sertakan kode area). Dan, langsung diangkat oleh operator.

Saya jelaskan kondisinya, dan laporan saya dicatat dengan diinfokan akan ditindaklanjuti. Saya juga diberi nomor tiket untuk pelacakan. Petugas juga berpesan untuk tidak memberikan tips atau imbalan kepada petugas. Saya mengira petugas/teknisi PLN akan datang keesokan harinya. Ternyata saya salah.

Sekitar pukul 23.20 WIB, ada dua orang teknisi datang ke rumah dengan menggunakan mobil dari PLN. Tak terlalu berbasa-basi, langsung melihat meteran dan sepertinya sudah tahu yang haru dilakukan. Kemudian mereka berjalan menuju semacam kotak instalasi milik PLN yang berada sekitar 10 meter dari rumah. Setelah diperiksa, ternyata jaringan/alat yang terhubung ke rumah tidak berada di sana. Akhirnya, dicoba di lokasi lain yang sedikit lebih jauh — mungkin sekitar 20 meter dari tempat saya. Ternyata benar ada di sana. Saya tidak tahu apa yang dikerjakan petugas tersebut, tapi lampu indikator di meteran saya sudah menyala.

Kemudian petugas meminta saya menyalakan MCB yang sebelumnya dalam posisi mati. Listrik nyala! Petugas melayani dengan ramah. Akhirnya petugas pamit dan menyampaikan untuk segera saja diperiksa mana yang konslet.

Tebakan saya yang konslet adalah di jaringan bawah yang terhubung ke MCB yang mati saja. Cuma karena keterbatasan pengetahuan, jadi saya tetap nyalakan dulu. Lalu saya tinggal tidur. Pagi harinya ternyata aliran listrik mati lagi. Sore harinya, saya coba nyalakan lagi meteran listrik, tapi MCB yang mati tidak saya hidupkan. Lalu, saya coba aliran listrik di lantai dua, dan ternyata menyala!

Setelah saya memanggil jasa tukang langganan saya, ternyata benar ada salah satu colokan yang konslet. Hal ini disebabkan karena ada dinding yang lembab, dan juga banyak semut disana. Untuk saat ini saya minta cololan yang bermasalah dimatikan saja, karena sudah hampir tidak dipakai sama sekali.

Kembali ke soal layanan PLN… terima kasih!

Published
Tagged

1 comment

Comments are closed.