Tentang Penulis

Nama saya Thomas Arie Setiawan, dan saya berdomisili di Yogyakarta. Saat ini Anda sedang membaca laman blog pribadi saya.

Konten

Apa yang saya tuliskan dalam blog ini merupakan pendapat pribadi saya dan menjadi tanggung jawab saya. Beberapa tulisan yang menyangkut cara pandang saya terhadap jasa, layanan, atau produk merupakan opini saya pribadi. Di luar topik tersebut, kadang saya juga sekadar menuliskan tautan, catatan singkat, atau konten lain yang menarik bagi saya. Menarik tidak berarti saya menyetujui tentang materi yang saya publikasikan, tapi lebih kepada hal tersebut bisa menggugah pemikiran saya, atau bahkan karena mengganggu pikiran saya.

Saya berusaha untuk selalu menyertakan sumber asli jika konten merujuk atau bersumber dari tempat lain. Jika Anda membaca melalui situs ini, saya sarankan juga mengklik tautan yang tersedia dan merujuk ke situs sumber atau rujukan.

Semua tautan ke sumber asli aktif/valid saat saya menuliskannya. Mungkin saja di kemudian hari, sudah tidak valid, atau tautan asli tidak ada lagi.

Saya senang menulis. Bukan untuk menjadi yang paling hebat atau dianggap paham, tapi lebih kepada cara saya belajar untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikiran/pendapat saya. Jika memang tulisan dalam blog ini bermanfaat untuk Anda sebagai pembaca, itu merupakan hadiah bagi saya.

Saya percaya bahwa hal baik — dan kadang hal yang kurang baik — merupakan sebuah hal yang perlu diberitakan, sepanjang diberitakan dengan penuh tanggung jawab. Jika menurut saya kurang baik, akan saya sampaikan. Begitu juga ketika saya tidak puas. Tentu saja, ini bukan untuk memperlihatkan bahwa saya keras kepala. Saya sangat terbuka untuk berdiskusi. Jika ternyata apa yang saya pahami adalah salah, saya sangat senang untuk diingatkan. Saya percaya bahwa diskusi yang sehat akan memunculkan hal yang positif juga.

Kerjasama

Tulisan dalam blog ini ada yang merupakan hasil kerjasama dengan pihak lain seperti agensi, brand pemilik produk, ataupun pihak lain yang menghubungi saya. Beberapa pihak yang pernah bekerjasama atau menggunakan jasa saya secara pribadi baik dalam hal penulisan konten, liputan, ataupun ulasan produk antara lain:

  1. Nokia Indonesia
  2. Telkomsel
  3. XL
  4. Blackberry

Jika ada merek, jasa, atau konten lain yang ada dalam blog ini, saya akan menyebutkan secara terbuka. Saya menempatkan seluruh pembaca blog ini sebagai pribadi bebas, sehingga bisa saja memiliki pandangan yang berbeda — atau sama — terkait dengan sebuah topik. Dan, saya menyerahkan kembali penilaian kepada masing-masing pembaca.

Dalam mengulas sebuah produk/jasa, saya mengedepankan nilai kejujuran dan subyektifitas. Itulah kenapa saya tidak pernah mengulas sesuatu — baik barang atau jasa — sebelum saya mencoba mendapatkan pengalaman langsung. Semua yang saya tuliskan — walaupun ada permintaan tentang poin/topik khusus yang harus disertakan — saya utamakan dengan menggunakan gaya bahasa saya pribadi, dengan jujur, namun tetap dalam batasan brief yang diberikan, tentang mana yang boleh dan mana yang tidak.

Media sosial

Saya menggunakan beberapa kanal media sosial, walaupun tidak secara aktif di semua platform. Semua yang saya posting di platform tersebut merupakan pendapat saya pribadi, tidak mewakili institusi atau perusahaan.

Anda bisa mengikuti saya di Twitter melalui akun @thomasarie. Saya memiliki akun Facebook, namun sudah sangat jarang menggunakannya secara aktif. Produk Facebook yang saya cukup sering gunakan — selain WhatsApp — adalah Instagram. Akun Instagram saya adalah @thomasarie.

Kontak

Anda bisa menghubungi saya melalui surel ke [email protected] Atau, Anda bisa menghubungi saya melalui formulir kontak di situs ini.

Kontak pribadi lain akan saya berikan jika diperlukan.