Mengubah Daya Listrik PLN itu Tak Sulit (Maret 2019)

Akhirnya, saya melaksanakan perubahan daya listrik di rumah dari 2.200 VA ke 3.500 VA. Dan saya melakukannya secara daring, langsung melalui situs PLN.

Pertama, saya mengisi formulir Perubahan Daya/Migrasi di situs PLN. Data-data yang perlu disediakan tidak terlalu banyak. Rumah yang saya tempati masih menggunakan nama pemilik/pelanggan sebelumnya, jadi saya hanya perlu mengisi untuk Data Pemohon. Setelah mengisi semuanya, akan langsung terlihat berapa total biayanya.

Kali ini saya memanfaatkan diskon dari PLN yang sedang memberikan diskon 50% untuk biaya penambahan daya listrik. Tentu saja, diskon ini sangat lumayan! Sebenarnya, PLN juga ada program lain dimana ada diskon penambahan daya apabila memiliki/membeli kompor/motor listrik (diskon 75%) dan bahkan diskon 100% apabila membeli mobil listrik. Karena saya tidak masuk dalam dua kriteria diatas, diskon 50%-pun tak selayaknya ditolak.

Biaya Penambahan Daya

Rincian penambahan biaya penambahan daya dari 2.200 VA ke 3.500 — saya menggunakan listrik prabayar — VA adalah sebagai berikut:

Biaya Penyambungan (BP) setelah diskon 50%: Rp629.850,-
Biaya Token 20.000: Rp18.518,-
Biaya PPJ: Rp1.482,-
Bea Materai: Rp3.000,-
Total Biaya: Rp652.850,-

Biaya token tersebut ada karena saya sekaligus membeli pulsa sebesar Rp20.000,-. Jadi biaya ini bisa bertambah atau berkurang tergantung jumlah token yang ingin dibeli. Ternyata, biaya penambahan daya ini lebih murah dibandingkan saat mengubah daya dari 450 VA ke 1.300 VA (dari pascabayar ke prabayar) yang saat itu biaya sekitar Rp820.000,-.

Setelah melaksanakan pengajuan, maka ada notifikasi yang terkirim ke surel. Pertama berisi kode konfirmasi pemesanan, dan kedua adalah informasi mengenai pembayaran. Untuk pembayaran, saya menggunakan internet banking BNI. Batas pembayaran ini sendiri cukup longgar waktunya karena sampai dengan 31 hari.

Setelah melakukan pembayaran, saya hanya perlu menunggu sampai dengan petugas melakukan instalasi. Detil tentang proses ini dapat juga dipantau melalui halaman Status Permohonan Pelanggan di situs PLN.

Pemasangan

Tanggal 21 Maret 2019, sekitar pukul 10.30 WIB, ada petugas PLN yang datang untuk melakukan kegiatan penambahan daya. Agak kaget juga, karena ini sangat cepat. Saya baru melakukan pembayaran 19 Maret 2019, berarti hanya dalam waktu dua hari semua sudah terpasang dan bisa digunakan.

Terima kasih, PLN!