Rumah milik orang tua yang dulu pertama kali dibangun, lalu dikontrakkan, dan masih dalam tahap akhir renovasi membutuhkan penambahan daya listrik. Selama ini, listrik yang terpasang hanya memiliki daya sebesar 450 VA. Karena keperluan penggunaan listrik yang bertambah, saya putuskan untuk melakukan penambahan daya.

Selama ini, terkait dengan PLN saya hampir hanya melakukan transaksi untuk pembayaran listrik. Proses inipun saya lakukan dengan memanfaatkan layanan pembayaran melalui internet banking. Dari beberapa informasi melalui media, PLN sepertinya terus berbenah. Misalnya, banyak hal yang dapat dilakukan secara online, daripada harus datang secara fisik ke kantor PLN.

Akhirnya, pada Selasa, 3 November 2015, saya coba lakukan permohonan penambahan daya melalui situs PLN. Memang saat ini prosesnya belum selesai, namun untuk tahap awal, paling tidak prosesnya berjalan dengan cukup lancar.

Pengajuan Permohonan

Di situs PLN, ada beberapa fitur layanan online seperti pengecekan tagihan listri, pemasangan baru, perubahan daya, dan penyambungan sementara.

  • Saya pilih menu layanan Perubahan Daya/Migrasi
  • Kemudian, saya lakukan pencarian data terlebih dahulu dengan memasukkan informasi ID Pelanggan dan dilanjutkan dengan mengisi identitas.
Halaman formulir perubahan daya
Halaman formulir perubahan daya
  • Pada bagian “Tarif/Daya Baru” saya memasukkan informasi penambahan menjadi 1.300 VA. Sebagai informasi, untuk daya sebesar 450 VA dan 900 VA hanya dapat diproses langsung melalui loket dengan persyaratan tambahan. Dalam situs, muncul notifikasi peringatan ketika memilih salah satu pilihan daya tersebut yaitu “Mohon maaf, Sambungan 450 VA dan 900 VA hanya dilayani di kantor (loket) PLN dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari kepala Desa/Lurah”
  • Proses yang saya ajukan sekaligus untuk melakukan migrasi dari metode listrik pasca bayar menjadi prabayar. Dalam formulir tersebut, saya sekaligus mengisikan untuk Token Perdana sebesar 20.000.

Dalam halaman tersebut juga dapat diketahui jumlah total biaya yang dibayarkan. Untuk permohonan yang saya ajukan (mengubah dari 450 VA menjadi 1.300 VA, pra bayar, dengan token perdana sebesar 20.000), saya dikenakan biaya sebesar Rp 819.450,00 dengan perincian:

  • BP: Rp 796.450
  • Token: Rp 18.518
  • PPJ: Rp 1.482
  • Materai: Rp 3.000
Baca juga:  Registrasi Layanan Biznet Home Internet (Februari 2019)

Selanjutnya, saya tinggal lakukan proses pengajuan ini. Tak lama kemudian, sebuah informasi terkirim ke alamat surel yang saya masukkan dalam formulir tersebut. Surel pertama ini memberitahukan dan meminta konfirmasi tentang permohonan yang baru saja saya lakukan. Dalam surel tersebut tertulis tentang detil permohonan, dan sebuah kode transaksi yang perlu saya isikan dalam proses konfirmasi. Proses ini dapat dilakukan secara online melalui alamat pln.co.id/pelanggan/layanan-online/entri-kode-konfirmasi

Pembayaran

Setelah konfirmasi saya lakukan, saya mendapatkan surel lanjutan yang menyertakan informasi tentang nomor registrasi yang sekaligus menjadi kode bayar. Jadi, dalam proses ini yang perlu dilakukan hanyalah melakukan pembayaran dalam waktu maksimal 30 hari (sejak saya terima nomor registrasi tersebut). Saya memilih melakukan pembayaran melalui ATM.

Proses selanjutnya adalah menunggu tindak lanjut dari pihak PLN terhadap pengajuan permohonan tersebut. Informasi tentang status permohonan dapat dipantau melalui alamat https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/status-permohonan-pelanggan. Berapa lama proses selanjutnya? Saya juga belum tahu. Saya akan perbarui artikel ini jika ada informasi lanjutan.

Perbaruan informasi: 9 November 2015

Dari halaman pelacakan status, saya mencoba kadang-kadang melihat perubahan status, apakah sudah ada perkembangan atau belum. Di tanggal 5 November 2015, saya coba bertanya kepada PLN melalui kanal media sosial.

Jadi, perkiraan waktu pemasangan (atau dalam hal ini penambahan daya) dilakukan 5 (lima) hari kerja. Oh ya, status permohonan juga terus menampilkan durasi waktu pemasangan/penyalaan yang terpantau dalam gambar berikut.

Pelacakan Status Permohonan Penambahan Daya
Pelacakan Status Permohonan Penambahan Daya

Pagi 9 November 2015, sekitar pukul 08.30 WIB, saya mendapatkan sebuah pesan singkat dari pihak teknisi dari PLN. Saya tahu, karena pengirim SMS memperkenalkan diri dan memberikan informasi tentang permohonan saya. Jadi, petugas menanyakan tentang lokasi yang harus dikunjungi. Setelah bertukar pesan singkat, beliau mengatakan perkiraan waktu sampai, karena kebetulan ada beberapa tugas dari pemohon yang lain.

Baca juga:  Variasi Penulisan Nama (Saya)

Sekitar pukul 12.00 WIB, saya diberitahu bahwa petugas akan segera sampai ke rumah. Langsung saja proses penggantian meteran dari pasca bayar dilakukan pengubahan menjadi pra bayar sesuai dengan instruksi permohonan. Seluruh proses instalasi dari awal sampai siap terpakai ternyata tidak sampai 30 menit. Cepat!

22269469654_370da2bacf_k

Terlepas dari kadang mengalami kekesalan karena mengalami pemadaman listrik, namun pengalaman diatas cukup menunjukkan bahwa layanan yang diberikan sangat baik. Mungkin hal seperti ini sudah berlangsung lama, namun karena memang baru kali ini saya menggunakan layanan semacam ini, jadi mungkin pengalaman yang baik ini baru saya rasakan. Semua transaparan, dapat dilakukan pelacakan.

Terima kasih, PLN!

Catatan: Pengalaman ini adalah pengalaman pribadi yang saya alami. Pengalaman berbeda mungkin dapat terjadi dalam kasus yang berbeda.

18 replies on “Perubahan/Penambahan Daya Listrik PLN Secara Online”

  1. Minggu kemarin saya tambah daya, seora bayar di ATM, sore berikutnya sudah dipasang sama orang PLN. Trus 2 kali lapor gangguan listrik mati di komplek, 10 – 15 menit petugas sudah tiba untuk perbaiki. Mungkin juga karena tempat tinggal cuma 5 menit dari kantor PLN. Tetapi salut dengan penanganan petugas PLN.

    1. Setelah migrasi penambahan daya, dan sekaligus saya lakukan migrasi, ID yang digunakan adalah ID baru. ID ini yang akan digunakan untuk informasi ketika kita membeli pulsa listrik.

  2. gan, ketika teknisi datang ada biaya lagi gak gan? soalnya ane dulu diminta uang SLO sama teknisinya, ane migrasi 2 rumah diminta 300rb/rumah jd total 600rb ketika pasang meteran. ini ane mw migrasi lagi rumah yang lain, takutnya itu pungli.

    1. Tidak ada biaya administrasi ataupun tips sama sekali. Ini sudah aturannya seperti ini. Bahkan, ketika petugas awalnya saya akan beri tips, petugas tersebut menolaknya.

    1. Dalam kasus saya, saya tidak perlu beli apa-apa. Jadi, semua sudah tinggal terima beres saja.

  3. Maaf, Bisa gak ya kita tetap minta Pasca Bayar? Karena rumah jarang di tempati karena saya ada di luar kota. Kalo pakai pra bayar … kalau pas habis… yg mau ngisiin pulsanya gak ada. Makasih

Comments are closed.