Join the Conversation

37 Comments

  1. The font is much nicer, compare to the old one. Not sure what it meant by the “hand slapping the head” part. Maybe it meant “waving”. But, overall, it look fresher compares to the stuffy-looking impression of the first logo. Besides, the old logo is similar with AT&T and I don’t like AT&T. ;-)
    I vaguely remembered when Telkom changed their logo from the first one to the old one above; many didn’t like it either. It would be interesting to see the evolution of the logo. Do you have an image of Telkom’s first logo?

  2. The hand part’s supposed to make it look friendlier, of course. But I’m a bit disturbed how the hand’s located a bit conveniently so it also looks like a crown.
    Quite a mixed message, no? “Hello, my friends!… Bow to your KING!”

  3. Kayak diambil langsung dari logo template, atau dari program logo creator. Ga ada soul-nya. Sorry, tapi masih mending logo yang dulu, old-skool tapi sekali orang ngeliat langsung inget. Yang ini, forgettable banget.

  4. ah masak sih bagusan logo yang lama? menurut aku malahan bagusan yang ini. lebih segar dan lebih muda. secara telkom kan perusahaan lama, jadi udah saatnya ninggalin logo lama yang terkesan kaku. tinggal image-nya aja nih, yang mau ditampilin ini apa

  5. Saya setuju kalau logonya seperti diambil dari tempelate dan software logo (malah banyak yg better dari template)…
    memang lebih fresh dan muda, namun jadinya lebih tidak profesional yah, sebagus-bagusnya konsep, image pertama orang melihat logonya seperti jambul ayam..

  6. Perubahan logo adalah awalnya. Yang lebih fundamental adalah transformasi ke T.I.M.E akan membuka infrastruktur distribusi baru karena distribusi konten dan media masih jauh dari potensi yang ada.
    Ini adalah tulisan saya tentang ini: Geliat Telkom Gerakkan Dunia Media, Informasi dan Digital Entrepreneur http://bit.ly/16xiMM

  7. jelek… masih mending yang lama, lebih memiliki ketegasan sebagai corporate besar… perubahan logo agar terlihat lebih fresh dan dinamis sih ok saja… tapi sayangnya logo ini tampak tidak serius dan jauh dari kesan bagus… font nyapun juga murahan untuk perusahaan sekelas telkom…

  8. untuk menilai baik atau bagusnya sebuah logo kita harus mengetahui prosesnya dulu….ga bisa cuma melihat visualnya saja, karena ini menyangkut re-branding…prosesnya juga panjang dan pasti dengan pilihan yang banyak pula, pekerjaan si consultant bukan hanya mendesain, tetapi lebih dari itu, desain hanya bahagian kecil dari sebuah proses branding….dan setiap perusahaan consultant mempunyai strategi sendiri utk menyusun sebuah proses branding…

    1. yang diliat orang itu hasil akhirnya mas :)
      kita ga mau tau gimana cara masak pizza yang penting masuk ke tenggorokan enak. gitu juga dengan logo telkom yang baru. begitu diliat ga bagus ya sudah. begitu bukan?

  9. Menurut saya pribadi logo lama jauh lebih kuat dan mudah diingat. Logo baru ini sepertinya dibikin oleh JUNIOR DESIGNER yang baru diterima di sebuah firma besar, ga ada bagus2xnya. Terlalu mentah eksekusi desain logo nya dengan tagline utama yang baru: ‘the world is in your hand’ (what the f***?). Masa tagline dengan logo terlalu harfiah penerapannya? Mending tagline yang lama ‘commited 2 u’ (biarpun pada pelaksanaannya telkom tidak terlalu komit dengan konsumennya hehe).
    Kalo cuma ingin menghasilkan suatu logo yang lebih fresh/muda tidak selalu harus mengganti secara keseluruhan. Perubahan sedikit pada font akan menghasilkan efek yg sangat berbeda seperti yang dilakukan Garuda Indonesia dan Mandiri.
    Memang sudah saatnya logo telkom diganti karena jika dibandingkan dengan beberapa perusahaan sejenis maka design telkom akan terlihat sangat ketinggalan tapi dengan brand image yang sudah sangat mengakar di Indonesia, rasanya penggunaan logo lama (globe) dengan rasa atau feel design yang baru sudah cukup untuk mencerminkan kekuatan telkom sebagai perusahaan yang sangat establish.
    Sayang uang banyak yang dikeluarkan untuk proses re-branding ini kemungkinan tidak akan membuat logo telkom yang baru menjadi referensi2x logo terkenal di dunia seperti yang telah dialami beberapa perusahaan Indonesia lainnya. Sebagai contoh logo Garuda Indonesia dan logo Bank Danamon terdapat di hampir semua buku2x dan website untuk kategori world inspired logo dan trend logo saat ini. (Yup, logo2x tersebut dibuat salah satu firma asing terbesar di dunia untuk urusan logo: Landor Associate. Tapi kemungkinan logo telkom yang baru juga dibikin oleh mereka bukan?)
    Untuk proses re-branding yang memakan waktu lama dan biaya yg sangat besar hasil seperti ini rasanya kok tidak bisa diterima ya?
    (Only My Opinion)
    **o ya, salah satu temen saya menanyakan apa saham telkom banyak dimiliki Pfizer ya? Kata dia kok logonya mirip ama logo Daktarin – Daag Jamur! Hehe

  10. Kayak telor pecah gan. Failkom berat dah! buang-buang duid aja 3.2M.. Bagusan yang lama kemana-mana. Btw, cek website Failkom yang baru gan.. full of fail.

  11. “The World is in Your Hand”
    harusnya “Your Hand Stops the World”
    atau “Your Hand Says Bye, bye to the World”
    Apa pun makna yang terkandung di dalamnya, bagaimana pun prosesnya, tetap aja yang dinilai adalah grafis sebagai eksekusi terakhir.
    Telkom adalah aset bangsa, apa pun yang ada di dalamnya harus membuat kita bangga. Logo ini sama sekali gak membangakan.
    Kenapa sih gak pake firma lokal???? Saya sebagai designer (biar pun ecek-ecek) kecewa karena sebuah aset yang bersifat nasional lebih milih design dari luar negeri !#[email protected]!*&^$#%$^ yang gak jelas mutunya.

  12. Hmm…
    Ikon yg dipilih bgus klo menurutku, ksan prtama ky liat sunrise…tangan melambai ckup identik sama kata HALO..
    yang ngganggu menurutku pemakaian font nya yg terlalu generik dan kekanakan, sama komposisi logonya yg agak menghalangi keterbacaan

  13. wah..gw g ngerti d..major gw bukan desain grafis c..tp
    sgala desain akhir yg dipublish pasti ada pertanggung jawabannya..
    nah desain yg ini kalo kata gw c lebih cocok untuk skala yayasan..
    dan yayasan2macam yg dinaungi oleh United Nations/ mungkin gempa padang kmaren mc’don**** mw buat yayasan buat bntu anak2d padang..
    jadi buat logo ini d..
    sayang skali..gw stuju sm pndapat2di atas yg lebih prefer logo yg lama,dgn slightly minor change d font sperti logo garuda mngkin imej prusahaan sudah bisa brubah.
    wow..sypa tadi yg bilang budgetnya 3.2 m??gilaa buat logo yg hasilnya ky skala yayasan untuk membantu anak trlantar..banyak anak negeri ini, temen2kita yg jauh lebih qualify untuk buat logo skala korporat..
    cinta produk indonesia katanya..
    ahaha..gmn bisa kl g percaya sm generasi desainer lokal..
    kita bisa!!

  14. gw lebih suka logo yang baru ..
    lebih fresh aja .. n lebih universal ..
    oh iya .. mau bagi” info aja ..
    logo ini dibuat ama perusahaan yang membuat logo” besar seperti audi, lexus, barclays premier league juga ..
    perusahaan besar yang bikin .
    sayang banged iia .., perusahaan Indo sering banget susah payah nyari desainer logo dari luar ..
    di sini juga banyak qo desainer bagus ,
    gw yakin !

  15. liat dr segi layoutnya ngga banget deh. klo diliat letak tulisan “Telkom”, letak tulisan “Indonesia”. dan letak “logo” barunya bener2 salah menurut gw.
    bener-bener kayak bikinan anak baru lulus design.
    jujur pertama kali ngliat gw ga negrti maksudnya apa. yg gw tangkep kyk gambar meteor. tp setelah baca komen disini gw baru tau klo maksudnya “the world is in your hand.”

  16. suka atau tidak Logo baru berkesan lebih friendly dan berkarakter kuat dibandingkan logo lama yang kelihatan konservatif dan generik.
    Lagipula, Rebrand bukan cuman masalah estetika apakah logo itu menarik atau tidak. Itu menyangkut values dan personalities yang dijiwai oleh seluruh stakeholders perusahaan.
    Trims..

  17. Sayang ya, bikin logo flagship (simbol yang membawa nama negara) seperti bikin logo event (pameran/bazaar/promo). Secara rekaan bebas, aku melihat trademark seperti bulan-matahari (day & night maksudnya, mungkin). Lima jari perlambang manusia (atau pancasila?). Tapi di sini konsep penyajiannya tidak tahu mau ke mana — tampil sebagai simbol gambar (trademark) atau simbol huruf (logotype)? Akhirnya saling berteriak dan tidak bisa diingat satu elemen yang dominan. Ini bukan logo, tapi judul yang beraikon. Sekali lagi, sayang banget.

  18. Saya taunya Telkom ganti Logo bgt melintas di depan Kandatel.Saya sptnya pernah lihat logo yang baru ini sebelumnya. Tapi masih bingung juga karena msh mejeng logo yang lama…Sbg designer grafis saya menilai Logo Baru ini memang kelihatan lebih fresh. Logo lama juga lebih wibawa sebenarnya. Tapi konon katanya juga dari cerita orang2 nih,…….Logo yang lama terobsesi dari logo dari negeri Japan.Logo yang baru nggak tau terobsesi dari mana?Memang benar Logo baru Fresh tetapi terkesan kekanak-kanakan karena font yang cenderung dan dominan bulat.Kayaknya Logo Baru lebih pas untuk symbol Iklan Layanan Masyarakat…….Bbrp tahun sebelumnya kantor Kandatel Telkom juga dicat model strip Flexy yang pas betul seperti Taman Kanak-kanak, berwarna warni dari lt. 1 ke Lt.3….. Terkesan sepertia dipaksakan gaul. Akhirnya dicat abu2 kembali yang mengubah Kantor menjadi adem dan wibawa.
    Saran saya kalo memang Logo sudah berobah mohon jangan lagi ada terpampang Logo yang lama. Malah membingungkan masyarakat. Apalagi di tempat pembayaran Rekening Telkom. Ini Logo apa ya kata Mak2?Tempat Bayar Rekeningnya pindah kemana?Kalo Logo yang lama udah pada diReplace dengan yang baru, lama2 masyarakat uh terbiasa dan familiar juga nantinya………….Selamat Buat sesama rekan Adevertising. Ganti Logo berarti semakin banyak peluang untuk pekerjaan Outdoor : Billboard, Signboard, dll.Terutama untuk indoor. Otomatis mengalir kerjaan cetakan Kop Surat, dll…………Penyegaran Pandang, Penyegaran Filosofis, Penyegaran Orderan….Selamat……………………

  19. memang pembaharuan itu perlu.agar lebih fresh.jujur ni saya kaget waktu pas lewat depan kantor telkom di bali…pikir saya ada acara apa ya kok rame…dan mata saya sekilas tertuju pada backdrop yang bergambar logo telkom baru itu.pikir saya ditelkom ada acara anak anak dan beberapa badut.ya itu pikiran saya karena melihat backdrop tersebut.ternyata bukan anak anak atau badut melainkan karyawan telokom yang sedang apel /upacara ultah telkom.logonya kurang elegan.tapi saya yakin itu memiliki konsep dan pilosopi tersendiri. sukses telkom.

    1. Betul..betul..betul..!
      setuju ama mas Haryadi.. meskipun dibilang kurang menarik, kurang elegan ato apalah, pasti telkom punya maksud sendiri..
      kalo saya sih ngga peduli telkom mo ganti logo apa aja, yang penting dg adanya logo baru ini Telkom juga bisa memberikan pelayanan yang baru, yang lebih bagus tentunya…!
      Jangan sampe kalah dg provider lain..!!

  20. logonya ga kokoh. kira-kira menurut Anda sekalian, bagaimana kalo disandingkan dengan layanannya????

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *