Pengalaman Penjualan Kembali Logam Mulia Antam

Beberapa tahun lalu, sewaktu bekerja di Jakarta, bersama dengan beberapa rekan kerja saya ikut dalam arisan emas. Ini berlangsung beberapa waktu dan berakhir ketika semua sudah menang.

Saya tidak ingin melakukan klaim bahwa emas adalah salah satu investasi terbaik untuk saya atau tidak. Di akhir tahun 2017 ini, saya memutuskan untuk melakukan penjualan emas. Seluruh emas (dalam satuan 10 gram) tersebut langsung dibeli di Antam (di Jakarta). Namun karena saya berdomisili di Jogjakarta, jadi saya memilih untuk menjual kembali ke Antam pula.

Di Jogja, ternyata ada Butik Emas LM Yogyakarta yang ada di Jl. Adisutjipto, sebelah barat Lippo Plaza Yogyakarta. Informasi dibawah ini ketika melakukan transaksi di Butik Logam Mulia Antam Jogjakarta.

Sebelum Melakukan Penjualan Kembali

Kali pertama datang, saya sudah membawa keping emas yang ingin saya jual. Beberapa hal yang mungkin dapat dipersiapkan/diketahui dulu sebelum datang.

  • Pastikan logam emas dalam kondisi bersih dari noda apapun. Ada sebagian yang saat itu lupa saya belum periksa ada bekas selotip. Antam hanya akan menerima emas dalam kondisi bersih. Jadi saat itu, saya putuskan untuk membatalkan transaksi.
  • Sediakan waktu untuk menerima pembayaran. Tidak ada transaksi tunai di Antam. Semua akan dilakukan dengan transfer melalui rekening bank (BCA, Mandiri, dan bank lain saya agak lupa apa saja). Uang hasil penjualan akan ditransfer sekitar 3-4 hari. Paling cepat kalau tidak salah melalui bank Mandiri.
  • Jual bersama sertifikat pembelian. Saat dulu membeli, ada sertifikatnya. Kalau tidak ada, ada pengurangan nilai — kalau tidak salah — Rp5.000,- per gram.
  • Datang selain hari Sabtu. Walaupun hari Sabtu dan Minggu buka, namun transaksi penjualan tidak dapat dilakukan di hari tersebut.
  • Bawa kelengkapan identitas seperti KTP dan NPWP. Identitas ini diperlukan karena seluruh transaksi akan ada pajak. Dan, harga ada perbedaan jika NPWP atau tidak.

Transaksi Penjualan

Ketika datang, saya langsung menuju ke meja layanan konsumen. Disana, ada dua petugas yang siap melayani. Transaksi baru saya lakukan ketika saya datang untuk ketiga kalinya. Pertama gagal karena emas dalam kondisi tidak bersih 100%, kedua gagal karena saya datang di hari Sabtu. Saya dilayani oleh petugas yang sama, kalau tidak salah namanya Ibu Dhian.

Baca juga:  Pembayaran PBB DKI Jakarta Melalui Tokopedia

Setelah saya serahkan emas saya, semuanya diperiksa terlebih dahulu. Dan, syukurlah transaksi dapat diproses. Harga yang ditetapkan adalah harga pada hari tersebut. Dengan beberapa variabel biaya:

  • Biaya materai
  • Pajak Penghasilan (PPh22) sebesar 1,5%

Semua dihitung terlebih dahulu. Apabila tidak setuju, transaksi dapat dibatalkan. Setelah itu, saya tinggal serahkan KTP dan NPWP saya untuk dilakukan pencatatan. Termasuk, saya informasikan mengenai nomor rekening bank untuk menerima transfer — saya gunakan BCA.

Setelah semuanya selesai, saya diberikan nota sebagai bukti transaksi. Seingat saya, semua transaksi selesai kurang dari 30 menit saja.

Lain-lain

  • Karena berada dalam area jalan yang ramai, Butik Logam Mulia Antam Jogjakarta memiliki area parkir yang cukup luas di bagian belakang. Saya sendiri memilih untuk memarkir kendaraan di Lippo Plaza yang berada beberapa puluh meter dari lokasi.
  • Untuk membersihkan emas dari noda dari selotip, saya gunakan sabun cair dengan air hangat. Saya rendam dan bersihkan dengan sikat/kain halus. Ada pula kata petugas noda sejenis bisa dibersihkan menggunakan baby oil.

Perbaruan Informasi: Kamis, 21 Desember 2017

Dalam paragraf diatas, pembayaran akan diterima sekitar 3-4 hari kerja. Namun, dalam pengalaman saya ternyata pembayaran saya terima lebih cepat. Transaksi di Butik Emas LM Antam Yogyakarta saya lakukan pada 20 Desember 2017 sekitar pukul 10.00 WIB.

Ternyata, pada tanggal 21 Desember 2017 sekitar pukul 13:30 WIB — hanya berselang satu hari — saya mendapatkan notifikasi melalui surel dari layanan Internet Banking Bank Mandiri yang memberitahukan bahwa ada transfer dana ke rekening saya (dari rekening Aneka Tambang/Antam).