Solusi Kode Masalah 5E Pada Mesin Cuci Samsung

Beberapa hari lalu, mesin cuci Samsung yang saya pakai di rumah mengalami masalah dengan menunjukkan error code 5E (Atau SE?). Pencarian singkat mengenai kode permasalahan 5E ini mengarahkan bahwa masalah terkait dengan sistem pembuangan air. Jadi, mesin cuci tidak bisa menghabiskan/membuang seluruh air yang ada berdasarkan waktu yang telah diatur.

Kondisi ini terkait dengan kotornya pipa/selang pembuangan, dan juga ada kotoran dalam filter. Ini baru kali pertama saya alami setelah sekitar satu tahun sejak penggunaan.

Karena kondisi ini, jadi secara otomatis pintu mesin cuci juga terkunci — karena ada air di dalamnya.

Solusi Error Code 5E/SE

Solusinya cukup sederhana, yaitu dengan cara mengosongkan terlebih dahulu air yang ada dalam mesin cuci, dan membersihkan filter.

Atau bisa juga melihat video berikut ini.

Selain kode masalah 5E, beberapa kemungkinan kode masalah dan solusinya adalah sebagai berikut:

  • DE (Door Error): Pintu belum tertutup atau belum rapat (Pastikan Pintu tertutup dengan rapat)
  • 4E (Water Supply Error): Pastikan air pada keran harus bertekanan (50-800Kpa) dan selalu terbuka.
  • 5E (Drain Error): Bersihkan saringan pembuangan, dan pastikan selangnya terpasang dengan benar, dan tidak ada yang menyubat saluran pembuangan.
  • UE (Unbalance Error): Mesin bekerja dengan tidak seimbang, kemungkinan mesin berdiri dengan tidak stabil, cucian mengumpal/kusut (stop dulu proses mencuci dan keluarkan pakaiannya lalu masukan kembali satu persatu).
  • SUD (Foaming Detected): Sabun terlalu banyak sehingga kelebihan busa sabun, biarkan mesin bekerja sendiri untuk mengurangi busanya dan akan berjalan normal kembali.
  • UC (Power Error): Tegangan listrik di rumah anda sedang tidak stabil sehingga secara otomatis perangkat akan menunda proses pencucian untuk melindungi diri dari kerusakan dan akan kembali bekerja apabila tegangan listrik sudah kembali normal.
  • LE/LE1 (Water Leakage Error): Ini terjadi disebabkan karena busa terlalu banyak deterjen, penutup filter pada pompa pembuangan atau pengeringan terlepas, atau ada kebocoran air terjadi di selang pembuangan.
  • OE/OF (Overflow Error): Pasokan air bekerja terus – menerus karena pendeteksi level air tidak bekerja, bisa juga dikarenakan selang pembuangan terlipat sehingga air tidak keluar dengan lancar.
  • 4C Kode error disebakan suplai air tidak tersedia: Pastikan air keran terbuka, pastikan selang air tidak tersumbat, pastikan keran air tidak membeku, pastikan mesin cuci beroperasi dengan tekanan air yang cukup. Ketika mesin cuci menampilkan error 4C, mesin cuci melakukan pengurasan selama 3 menit. Selama waktu tersebut tombol Power tidak berfungsi.
  • 4C2: Pastikan selang pasokan air dingin tersambung dengan kuat ke keran air dingin. Jika terhubung ke keran air panas, cucian dapat berubah bentuk dengan beberapa siklus

Published
Tagged