Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang proses mengurus penggantian paspor dalam artikel yang berjudul “Pengalaman Mengurus Penggantian Paspor Online di Kantor Imigrasi Yogyakarta (April 2016)

Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa paspor baru sebagai pengganti paspor saya yang masa berlakunya akan habis sudah siap, hari ini saya datang ke Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta. Saya datang agak terlambat, dan sudah berharap bahwa saya akan cukup lama berada disana.

photo_2016-04-07_12-50-41

Untuk pengambilan paspor (yang sudah jadi), saya telah diberikan bukti pengambilan. Ketika datang, saya langsung diarahkan ke Loket 5 tanpa mengambil nomor antrian. Disana, saya diminta untuk mengumpulkan berkas tersebut, dan menunggu panggilan.

Sebagai antisipasi, saya juga bawa seluruh berkas asli dan fotokopi.

Penyerahan Paspor Baru

Petugas memanggil nama saya beberapa menit kemudian — mungkin karena antrian tidak begitu banyak — dan menunjukkan paspor baru yang sudah jadi. Saya diminta untuk memeriksa apakah nama dan tanggal lahir telah sesuai. Kemudian, saya diminta untuk memberikan tanda tangan pada halaman belakang paspor.

Surat Pengambilan Paspor Lama
Surat Pengambilan Paspor Lama

Petugas juga memberikan kepada saya satu lembar kertas yang perlu saya isi untuk keperluan pengambilan paspor lama. Dalam berkas tersebut, saya diminta untuk mengisi data seperti nama, alamat, dan perlu untuk dibubuhi tanda tangan diatas materai. Juga, saya diminta untuk memfotokopi paspor baru untuk halaman depan dan belakang.

Kebutuhan memfotokopi paspor baru dan pembelian materai dapat langsung dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta. Dari pintu gedung utama, masuk ke area parkir, lokasinya mudah untuk ditemukan.

Setelah kembali ke petugas, saya langsung diberikan paspor baru. Dari sisi disain, ini jauh lebih baik. Halaman lebih berwarna-warni dengan latar bekakang gambar yang menunjukkan ciri khas Indonesia. Misalnya, ada gambar Karapan Sapi dan Ayam Jago. Ada pula gambar Candi Borobudur, Ondel-Ondel, Burung Cendrawasih, dan lain-lain.

Baca juga:  Jogja Java Carnival
photo_2016-04-07_12-48-46xx

Penutup

Secara umum, proses penggantian paspor baru mulai dari proses registrasi/permohonan, sampai dengan pengambilan berlangsung dengan sangat baik. Dalam pengalaman saya, sejak pengumpulan berkas sampai dengan paspor siap membutuhkan waktu 5 (lima) hari — Senin pengumpulan berkas dan foto, Jumat paspor sudah siap. Dan, tidak perlu ada biaya tambahan. Seluruh biaya dibayarkan melalui bank. Terima kasih Direktorat Jendral Imigrasi!