Mengurus Pembatalan dan Pengembalian Dana (Refund) Tiket Pesawat di Traveloka

Pengalaman saya membeli tiket di Traveloka bisa dikatakan cukup baik, tidak ada kendala yang berarti. Setiap melakukan perjalan, saya berusaha untuk memilih jadwal perjalanan yang paling nyaman untuk saya.

Di akhir Oktober 2017 lalu, karena sesuatu hal saya harus melakukan pembatalan/perubahan jadwal penerbangan dari Jakarta (CGK) ke Jogjakarta (JOG). Sebenarnya tidak sulit, cuma memang butuh sedikit kesabaran saja.

Tiket penerbangan saya adalah untuk keberangkatan hari Jumat pukul 19:50 WIB. Baru sekitar pukul 16:30 WIB saya berada dalam kondisi bahwa saya tidak mungkin berada di bandara Soekarno-Hatta tepat waktu. Saat itu, saya putuskan untuk menelpon layanan Call Center maskapai untuk menanyakan apakah jadwal saya dapat dipindahkan ke penerbangan lain di hari berikutnya. Sebenarnya bisa, namun atas pemindahan ini, secara total saya harus membayar sekitar Rp900.000,-. Padahal tiket yang telah saya beli saat itu seharga Rp724.000,-. Opsi ini tidak saya ambil.

Setelah menimbang, saya putuskan untuk membeli tiket baru di hari berikutnya (Sabtu) untuk penerbangan pada pukul 15:50 WIB dari bandara Halim Perdanakusuma. Harga tiket saat itu sekitar Rp505.000,-. Selanjutnya saya mengurus pembatalan penerbangan dan mencoba peruntungan untuk mendapatkan pengembalian dana. Seluruh proses ini saya lakukan melalui aplikasi Traveloka di piranti bergerak saya.

Proses Refund

Kebijakan refund ini bergantung dari maskapai masing-masing. Dan, saya harus langsung melakukan proses ini ke maskapai yang bersangkutan, tidak melalui Traveloka. Karena sudah mendekati jam keberangkatan, jadi jumlah dana yang dapat saya ambil kembali juga tidak maksimal.

Saya tinggal mengikuti saja langkah demi langkah proses ini melalui aplikasi. Tidak terlalu sulit sebenarnya. Di hari yang sama (20 Oktober), saya mendapatkan surel yang menginformasikan bahwa permintaan pengajuan refund saya telah diterima untuk diproses.

Baca juga:  Mau Pakai TV Kabel?

Sebenarnya, setelah proses ini yang perlu saya lakukan hanyalah menunggu. Secara otomatis dana akan dikembalikan ke akun yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Saat itu, pemesanan awal saya menggunakan kartu kredit.

Pada 17 November, saya mendapat informasi lanjutan mengenai status refund saya.

Dana yang dapat saya terima kembali adalah Rp124.500,- dengan perincian jumlah refund Rp154.500,- dikurangi dengan biaya refund sebesar Rp30.000,-