Keterangan Pers Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, 29 Desember 2020

Sejak reshuffle kabinet minggu lalu, dimana salah satu menteri yang diganti adalah Menteri Kesehatan, awalnya saya ada reaksi yang agak heran. Ini reaksi spontan. Karena, dalam kondisi pandemi COVID-19, dimana ini masalah kesehatan yang sangat penting, pemegang jabatan Menteri Kesehatan yang baru justru bukan dari kalangan kedokteran.

Kalau tentang bagaimana Menteri Kesehatan yang sebelumnya yaitu Terawan Agus Putranto, saya malah lebih sulit lagi harus bereaksi bagaimana.

Lalu hari ini ada video keterangan pers dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Lalu saya melihat secara utuh, dari awal sampai akhir. Dan, mungkin ini salah satu pemaparan terbaik dari pihak yang berwenang, dari pihak yang memiliki peluang untuk dapat menyampaikan informasi, dan menggunakan kewenangan dan peluang itu dengan baik. Alih-alih dengan bahasa yang kesana kemari, bahasa yang rumit, tapi saya rasa apa yang dijelaskan sangat runut, mendetil, dan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Dan, setelah melihat video singkat ini saya cuma berpikir, kenapa ya dulu — jaman Menteri Kesehatan sebelumnya — tidak pernah cara penyampaian informasi untuk publik dengan cara atau paparan seperti ini?

Berikut beberapa slide yang ada dalam keterangan pers tersebut.

Published
Tagged