Tikus: Binatang Pengerat Kabel

Dirumah saya, cukup banyak kabel-kabel yang berseliweran. Mulai dari  kabel telpon, internet, antena televisi, dan tentu saja kabel listrik yang ada di rumah. Sebenarnya sampai saat ini baik-baik saja, kecuali kabel tertentu yang sering menjadi santapan binatang pengerat yang namanya tikus.

Memang sih, dari sisi umur, kabel-kabel yang ada tidak bisa dikatakan masih cukup muda usianya. Tapi, semuanya masih berfungsi dengan baik. Kabel telepon adalah yang saling menjadi korban keganasan tikus ini. Mungkin ini karena kabel telepon tersebut salah satunya masuk ke dalam rumah melalui lobang angin. Lobang angin ini memang sengaja ditutup untuk mengindari masuknya tikus dari luar rumah. Cukup berhasil memang, tapi mungkin tikus itu sudah kehilangan akal jadilah dia makan itu kabel sebagai bentuk kekecewaan. :D

Dan, ini bukan hanya sekali saja terjadi. Saya coba memperbaiki dengan cara menyambung. Bahkan, sempat dibagian yang kemungkinan akan dimakan lagi saya beri isolasi plastik yang cukup tebal. Tapi, tetap saja tikusnya doyan. Sampai sekarang mungkin sudah  sekitar 3 kali saya perbaiki kabel-kabel itu.

Yang terakhir adalah kabel koneksi internet. Kejadian (alasan?) juga hampir sama. Kabel bagian dalam sudah mulai terkelupas, tapi tikus itu belum sempat menyelesaikan pekerjaannya. Mungkin tinggal menunggu waktu. Yang paling sebel adalah ketika binatang ini memutuskan kabel mesin cuci. Benar-benar sampai morat-marit. Mesin cuci umurnya baru beberapa bulan saja. Mungkin, bagi tikus ini adalah makanan yang masih hangat dari penggorengan… huh!

Kalau kabel biasa masih bisa deh memperbaiki, tapi untuk mesin cuci saya harus merelakan tukang reparasi untuk memperbaikinya. Waktu itu biayanya sekitar Rp. 200.000,00. Kalau begini terus, bisa-bisa duit melayang untuk kebutuhan para tikus ini.

Baca juga:  Menunggu Layanan Internet Citranet Infinite