Tidak Jadi Membeli Cakram Keras Western Digital

Sebenarnya, ada rencana untuk membeli sebuah cakram keras produksi Western Digital ketika kebetulan kemarin ada pameran Yogyakomtek di Jogja Expo Center. Cukup  menarik karena ada banyak pilihan produk yang ditawarkan dalam pameran yang berlangsung pada 1-5 Oktober 2011 tersebut. Salah satunya adalah adanya gerai Western Digital.

Sudah lama saya ingin punya tempat penyimpanan data dengan kapasitas cukup besar. Merek Western Digital juga ada dalam pilihan utama. Tapi, akhirnya saya batal membelinya. Alasannya adalah tidak tersedianya produk tersebut, paling tidak sampai hari kedua pameran. Inipun setelah saya sempat bertanya kepada salah satu personil yang menunggu gerai tersebut.

Ada kejadian lucu yang mau tidak mau agak memengaruhi keputusan saya dalam membeli produk tersebut. Dari beberapa pilihan yang ada, saya menyempitkan menjadi dua pilihan utama: My Book Studio atau My Book for Mac dengan kapasitas 2 Terabita. Harga yang ditawarkan saat itu juga cukup menggoda. Dana yang saya siapkan juga kebetulan cukup untuk membeli salah satu produk tersebut yang ditawarkan dengan perbedaan harga sekitar Rp 350.000,00.

Dari selebaran produk yang ada selain harga saya tidak menemukan informasi yang lebih lengkap lagi tentang perbandingan dua produk tersebut. Jadi, wajar bukan kalau saya tanya ke salah satu yang berjaga gerai. Kurang lebih percakapannya adalah seperti ini:

Saya: “Mas, yang kedua ini bedanya apa ya?” (sambil menunjuk gambar My Book Studio dan My Book for Mac)
Penjaga gerai: “Wah, ya beda ini mas. Lha ini sudah beda” (sambil menunjuk gambar ikon kedua produk yang jelas-jelas memang beda)
Saya: “Iya, maksud saya detil yang utama bedanya dimana?”
Penjaga gerai: “Wah, ya kalau itu saya tidak tahu…”

Zoom in. Zoom out.

Ini saya yang keterlaluan begonya atau gimana ya? Memang saya tidak tahu secara mendetil perbandingan utama kedua produk itu, dan disinilah seharusnya penjaga gerai, atau siapapun yang bertugas disana memberikan informasi. Langsung saja saya tinggalkan orang tersebut. Saya sempat menunggu sebentar untuk bertanya kepada penjaga yang lainnya yang saat itu sekilas saya amati memiliki pengetahuan produk yang lebih baik. Saat itu dia sedang melayani pembeli dengan saya sempat ikut memerhatikan penjelasannya. Tapi, karena terlalu lama dan sibuk, akhirnya saya putuskan untuk pulang dan kembali keesokan harinya.

Baca juga:  Bugar Menggunakan Jembatan Penyeberangan!

Keesokan harinya, saya akhirnya tanyakan tentang produk tersebut dan mendapatkan jawaban yang cukup baik. Kecuali bahwa kedua produk tersebut tidak tersedia, dan tidak ada kepastian apakah akan tersedia selama pameran berlangsung. Duh!

Akhirnya, saya memilih produk lain, dengan harga diantara My Book Studio dan My Book for Mac dengan kapasitas yang sama. Saat itu, saya mendapatkan informasi yang mendetail tentang produk yang akan saya beli. :)