Splash page?

I find something — for me, it is interesting — in some websites. A splash page. But many of them is just a small image, and sometime I am not sure the use of it (in their sites). If it is only an image, or link to the main page, I think it is useless. Wasting time…
I just see “click here” link, huge image that should be clicked to enter the first page. What for?
Yeah, I know. You probably do not agree with me. But if you do not have the idea or exact point why the “useless” thing should be there, why is it there?

14 replies on “Splash page?”

  1. Ask the designers. They will say… “Because it looks cool and because we can do it. Stop complaining.”
    Splash page is evil….

  2. Kenapa ada gambar ceri bertuliskan ‘because blog is not only a trend’ ?
    Useless tuh buat saya, bagi anda mungkin ada tujuannya. Tapi bagi saya lebih baik dibuang saja.
    Splash page itu bagi anda mungkin useless, tapi tidak semua orang berpikiran seperti anda (thank goodness).

  3. paling sebel kalo splash page pake flash, terus tombol ‘skip splash’-nya ada di dalam flashnya :)
    jadi kalau browsernya gak ada flash, jadi gak bisa skip splash :)
    splash page is useless!

  4. splash page kalo ukurannya kecil, lumayan lah, mungkin sekedar peringatan kalo dia pake flash di main page…
    kalo cuma buat gaya? useless deh…

  5. Bayu R, gambar cherry yang Anda maksud diatas, saya buat sebagai bagian dari layout mas. Itu muncul sebagai hasil baris yang ada dalam file CSS.
    Jika user pikir itu useless, silakan saja disable stylesheet untuk site ini. Semua halaman bisa dibuka dengan baik. Dan Anda tidak lagi melihat gambar cherry itu.
    Mengenai yang saya sebut dengan useless (yang saya sebut sebagia useless) diatas, silakan baca deh mas dengan perlahan. Beda mas konteksnya.
    Oh ya, kalau misal tidak useless, terus gunanya untuk apa?

  6. menurutku sih kita gak bisa menyamaratakan semua splash page adalah useless, karena beberapa splash page tampil bagus banget sebagai opening dan berfungsi sebagai semacam entertainment.
    but ya we can’t pleased everybody :) kalo gak yakin splash page-nya berfungsi untuk banyak orang, mending gak usah pasang splash page dan kasih skip ke main page langsung.

  7. salah satu fungsi splashpage gw rasa ngasih tau ada even/promo tertentu. contohnya di liverpoolfc.tv
    splashpage yg bagus tuh, tau kalo kita udah pernah melihat splashpage tersebut bakalan dibawa langsung ke halaman utama…

  8. Dan aku bisa bikin splashpage dobel 3 kalo aku mau huhuhu gaya ataupun nggak gaya, ketika orang suka melihatnya…percaya deh, itu yang mereka lihat, walau ketika di klik nggak pergi kemana-mana.
    Aku pikir dulu juga cuma anak TK yang suka nyoret-nyoret tembok tanpa makna tapi nyoret-nyoret tembok jaman sekarang juga dilakukan seniman berumur 30-an tahun, kurang atau lebih. Dan percayalah, mereka bermakna.
    Bukankah ada seni di setiap apapun? Bahkan ketika kita bersin. Bisakah kita menahan bersin seumur hidup kita?

  9. sebenarnya saya juga kurang begitu menyukai splash page dalam suatu kasus.
    tergantung apa yang bisa diharapkan dari website itu. segepok informasi ataukah hanyakah idealisme sang designer.
    saat website itu memuat informasi, saya rasa splash page tidak perlu. sebagai contoh, bayangkan saja apabila kita harus menunggu loadingnya splash page sebelum searching di google.
    saya rasa, mungkin splash image cocok kali buat personal website yang statis, maksudnya ga pernah diupdate, jadi cuma sebagai identitas bagi yang punya website.
    cao

  10. Plash Page, dulu seneng banget pake gituan, ya maklum masih sedikit awam soal web, dulu sih hanya pengen menampilkan kreasi dari desain grafis di halaman muka web kita biar pada melihat, tapi lama kelamaan kenapa tidak di taruh di dalam saja bersama kontent lainnya.
    bener kata santent, splash page cocok untuk web yg statis, atau web web yg punya dua / lebih pilihan browsing, misal untuk html atau flash, jadi dipilihlah alternatif pemasangan splash page disitu sebagai halaman pilihan.

Comments are closed.