Sewaktu memutar radio, saya sekilas mendengarkan informasi bahwa PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan memberikan hidangan buka puasa dan sahur untuk beberapa rute perjalanan. Saya tidak menyadari hal tersebut terjadi sampai saya menempuh perjalanan menggunakan kereta api Taksaka Malam dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Tugu Jogjakarta pada 6 Juni 2018.

Sekitar pukul 02:15 WIB petugas di kereta melintas di gerbong tempat saya duduk. Lalu membagikan satu buah paket makanan. Seluruh penumpang yang masih berada di dalam kereta mendapatkannya, termasuk saya walaupun saya tidak berpuasa.

Paket makanan tersebut berisi nasi goreng telur, mie goreng kuning, bakso semacam dimasak semur, kerupuk, serta mentimun. Tentu saja ini cukup mengenyangkan. Untuk air mineral awalnya tidak dibagikan, saya pikir tidak dapat air mineral. Toh saya juga sebenarnya sudah bawa. Ternyata, air mineral dibagikan tidak lama setelah itu. Jadi, lengkap sudah.

Kalau merujuk pada berita di Kumparan dan juga Kompas, hidangan buka puasa dan sahur ini diberikan mulai H-10 sampai dengan H-1 Idul Fitri. Namun, saya tidak menemukan informasi bahwa kereta api Taksaka Malam juga ikut mendapatkan fasilitas ini.