Berkas Rekaman Audio Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2009

Hari pemilihan presiden dan wakil presiden Pemilu 2009 sudah berlangsung beberapa hari yang lalu. Saya akhirnya memutuskan juga untuk menggunakan hak suara saya. Bagi saya, ini pertama kalinya saya menggunakan hak pilih saya. Yang pemilu legislatif kemarin saya putuskan untuk tidak ikut memilih. Karena tidak tahu siapa yang harus saya pilih.

Nah, kebetulan dalam rangkaian proses Pilpres ada acara debat di televisi. Menarik sih, not bad-lah untuk model seperti ini, apalagi belum pernah diselenggarakan sebelumnya. Saya juga akhirnya merekam acara tersebut, namun hanya dalam format audio. Alasannya ini lebih ekonomis dan lebih mudah dilakukan, dibandingkan dengan merekam audio dan videonya.

Dari total 5 (lima) debat yang dilaksanakan, hanya debat ke-4 saja yang saya lewatkan. Ini juga karena kebetulan saya tidak dirumah. Debat ke-4 tersebut adalah debat cawapres periode kedua. Kalau misal ada yang mau meng-unduh berkas audio-nya, berikut ini adalah daftar berkasnya.

Jika Anda menggunakan peramban Internet Explorer klik kanan pada nama berkas, dan pilih “Save Target As…”. Untuk pengguna Mozilla Firefox, klik kanan pada nama berkas dan pilih “Save Link As…”.  Saya merekam acara ini dari Metro TV, karena (kebetulan) hanya siaran MetroTV yang dapat diterima dengan jelas melalui komputer saya (didalam kamar). Iklan-iklan yang muncul diantara segmen debat juga saya hilangkan.

Debat Capres: “Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih serta Menegakkan Supremasi Hukum” moderator Anies Baswedan.

Debat Capres: “Pengangguran dan Kemiskinan” moderator Aviliani.

Baca juga:  Menghadiri Peluncuran Nokia Lumia 800 di Singapura (Bagian 1)

Debat Cawapres: “Pembangunan Jati Diri Bangsa” moderator Komaruddin Hidayat.

Debat Capres: “Kesatuan Bangsa, Demokrasi dan Otonomi Daerah” moderator Pratikno