Tags

Posisi Nyaman Bekerja dengan Laptop?

Dirumah, saya lebih banyak melakukan pekerjaan saya dengan menggukana desktop dibandingkan dengan laptop. Karena, kebanyakan berkas pekerjaan saya memang berada disana. Laptop hanya saya gunakan sekali waktu saja dirumah.  Komputer saya letakkan diatas meja dengan posisi yang (menurut saya) nyaman. Paling tidak, saya cukup betah dan jarang mengalami capek karena posisi yang mungkin tidak sesuai.

Beberapa posisi bekerja dengan laptop. Posisi mana yang sering Anda gunakan?

Posisi tangan hampir sejajar dengan papan ketik. Pandangan ke layar juga hampir tegak lurus dengan jarak sekitar 80 sentimeter (saya menggunakan monitor layar datar 19 inci).

Ketika bekerja dengan laptop, kadang saya bahkan tidak melakukan aktivitas tersebut ditempat yang bisa dikatakan nyaman. Kadang malah sambil tiduran dengan posisi tengkurap sampai akhirnya kadang berakhir dengan posisi “dilihat laptop” alias tertidur.

Dari beberapa posisi beraktifitas ketika menggunakan laptop, ternyata ada salah satu posisi yang (menurut studi) adalah posisi yang nyaman. Nyaman dalam hal ketika menggunakan posisi ini cenderung mengurangi potensi capek pada beberapa sendi tubuh.

“a conventional small clamshell laptop is most comfortably used lying down in bed with the device on the thigh when the knees are kept up.” [sumber artikel]

Masalahnya, dengan posisi yang paling disarankan yaitu “bersandar ditempat tidur dengan laptop berada di pangkuan, dengan posisi lutut dinaikkan” ini ada masalah lainnya: panas. Nah, dengan posisi ini, kipas pendingin otomatis jadi tidak bisa digunakan ya? Posisi mungkin nyaman, tapi bisa jadi tidak nyaman ketika ini tentang panas yang menyerang pangkuan.