Perbedaan Layanan Cek Garansi Aki di Shop and Drive

Sejak saya mengganti aki kendaraan saya melalui Shop and Drive di awal tahun lalu, saya berusaha memanfaatkan fasilitas garansi aki yang saya beli.

Pengalaman melakukan pengecekan aki pertama kali juga berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Pengalaman pertama tersebut menjadikan persepsi saya bahwa memang seperti itulah standar layanan di semua Shop and Drive.

Ternyata saya keliru.

Pengecekan kedua untuk garansi aki saya lakukan di gerai Shop and Drive yang berbeda dari sebelumnya. Tidak ada alasan khusus selain saat itu kebetulan saya sedang berada di luar rumah dan teringat kalau di bulan tersebut merupakan jadwal pengecekan aki.

Ketika saya menemukan satu gerai Shop and Drive, langsung saja saya parkirkan kendaraan saya. Kemudian saya hampiri ruang tunggu, dan saya ditemui oleh salah satu petugas di sana. Karena layanan pengecekan seperti ini mungkin sudah cukup akrab, jadi ketika saya sampaikan ingin cek garansi aki, dan saya juga sodorkan kertas pencatatan pengecekan, petugas juga sudah langsung paham.

Jadi, langsung saja aki saya diperiksa dengan alat yang ada. Saat itu mungkin semua proses tidak sampai 10 menit saja. Lalu hasil dicatat di kertas garansi.

Sudah, selesai. Ekspektasi saya mengenai standar layanan ternyata agak berbeda dengan kenyataan.

Saya tahu, toh “layanan utama” pengecekan aki sudah dilaksanakan. Jadi, yang lain sifatnya memang opsional, tidak wajib dilakukan oleh gerai atau petugas yang ada. Siapa tahu saat itu juga petugas sedang sibuk. Secara prinsip, saya sih OK saja saat itu.

Ketika akhirnya tiba jadwal pengecekan ketiga di bulan Oktober ini, akhirnya saya kembali lagi ke gerai Shop and Drive pertama kali saya datangi. Sekadar sekaligus menjawab rasa penasaran saya mengenai perbedaan layanan ini. Dan, ternyata memang berbeda.

Semua mirip seperti saat pertama saya datang. Kurang begini pelayanannya:

  1. Pengecekan kondisi aki
  2. Filter udara diperiksa dan dibersihkan dengan kompresor. Kondisi aman, karena memang masih cukup baru.
  3. Coolant radiator dicek apakah masih dalam jumlah yang aman. Hasilnya, kondisi aman.
  4. Air wiper diperiksa, ternyata tidak terlalu penuh. Jadi oleh petugas ditambah.
  5. Roda diperiksa semua. Ditawarkan untuk dicek semua tekanan ban. Karena ada yang terasa kurang, saya minta untuk dilakukan pengisian sekalian. Walaupun ini layanan berbayar, tapi saya sangat tidak keberatan sama sekali.
  6. Roda dipoles. Ini bahkan gratis.
  7. Kampas rem dan kaki-kaki dicek juga

Semua dikerjakan dengan teliti. Dan, semua gratis, kecuali untuk jasa isi nitrogen ban. Dengan layanan yang sangat baik ini, sepertinya saya akan memilih datang ke tempat yang sama lagi untuk pengecekan berikutnya.

[yarpp]