Tags

Pengalaman (Tidak Jadi) Belanja Online di EL’S Computer

Secara keseluruhan, pengalaman cukup baik. Perihal kepraktisan menjadi alasan utama saya. Walaupun, tak jarang pula saya membeli barang langsung di toko secara offline.

Saya suka belanja — atau lebih tepatnya melakukan transaksi — secara daring (online) untuk cukup banyak keperluan atau kebutuhan yang berbeda. Baik dari penjual yang di dalam negeri dari toko online maupun marketplace, ataupun dari luar negeri. Secara keseluruhan, pengalaman cukup baik. Perihal kepraktisan menjadi alasan utama saya. Walaupun, tak jarang pula saya membeli barang langsung di toko secara offline.

Barang yang saya beli cukup beragam mulai dari barang elektronik, fesyen (seperti jaket atau sepatu), aksesories rumah tangga, bahkan alat penyeduh kopi juga pernah. Untuk keperluan pekerjaan, tiket perjalanan seperti tiket pesawat saya beli juga secara online. Jadi, kalau sebuah toko menyediakan versi online-nya, besar kemungkinan saya akan memanfaatkan atau membeli dari sana. Oh ya, bahkan untuk pembelian menggunakan cicilan kartu kredit juga pernah saya lakukan. Secara keseluruhan, tidak ada masalah sama sekali.

Siang ini, sambil istirahat saya ke situs EL’S Computer di http://els.co.id yang kebetulan menawarkan layanan pembelian secara online. Toko offline yang salah satunya ada di Jogjakarta juga menjadi salah satu tempat tujuan saya jika membutuhkan peripheral atau aksesories komputer. Saya iseng cari untuk hardisk eksternal. Ketika melakukan pencarian, saya menemukan satu produk yang secara harga murah, bahkan terlalu murah. Sebuah external hard-drive Western Digital dengan harga Rp 68.000,-

Saya sempat berpikir, mungkin harganya adalah salah, karena ini too good to be true, atau siapa tahu memang sedang promo. Saya masukkan dalam keranjang belanjaan saya, dan saya lakukan Checkout.

els-183-481-085-1851-25

Setelah melakukan pemesanan, secara instan sebuah konfirmasi pemesanan terkirim ke alamat surel saya. Harapan saya adalah ada informasi tentang pembayaran yang harus saya lakukan. Ternyata, prosesnya agak sedikit berbeda (dari mekanisme pembelian online yang biasanya).

Setelah proses order dan checkout selesai, anda akan mendapat sms konfirmasi pembayaran sejumlah produk dan ongkos kirim. Jika anda setuju melanjutkan order sales kami akan mengirimkan Nomor Rekening sesuai dengan bank anda.

Dan, benar. Tidak lama kemudian saya mendapatkan informasi melalui pesan singkat SMS yang menanyakan apakah saya benar sebagai pemesan sesuai dengan nomor pemesanan. Saya balas secara singkat dengan “Ya”. Dalam surel, saya mendapatkan informasi pemesanan yang lengkap tentang nama produk, besar yang harus dibayarkan termasuk ongkos kirim.

“Untungnya” saya memasukkan nomor ponsel saya dengan benar. Karena, sejak awal saya tidak pernah mendapatkan informasi atau keterangan bahwa nomor ponsel adalah informasi yang penting. Registrasi ke situs juga tidak ada proses validasi apakah nomor ponsel tersebut adalah benar atau tidak. Ketika melakukan pengaturan informasi profil, kolom isian memang wajib untuk diisi, namun tidak ada informasi apakah itu penting atau tidak terhadap proses pemesanan.

Mungkin, kalau ternyata nomor ponsel saya tidak valid, pemesanan akan dibatalkan secara otomatis, atau konfirmasi akan dikirimkan melalui surel. Tapi, saya tidak mencobanya.

Dan, ternyata dugaan awal saya benar: terjadi kesalahan dalam pencantuman harga. Melalui SMS, saya diberitahu bahwa harga adalah tidak benar, dengan informasi lanjutan tentang harga yang benar (termasuk ongkos kirim). Saya periksa kembali halaman produk di situsnya, dan harga sudah berubah.

els-1971-2412-41249124

Saya mendapatkan tawaran apakah tetap akan melanjutkan pemesanan dengan harga yang sudah direvisi atau tidak. Dan, saya jawab dengan sopan kalau saya meminta pesanan saya dibatalkan saja untuk saat ini.

Mungkin aturan ini menjadi kebijakan dari pihak penjual dalam hal ini EL’S Computer. Namun, ketika saya melihat ke situsnya — sekadar ingin mengetahui tentang perihal pembatalan pesanan (oleh pihak penjual), saya tidak menemukan informasi apapun tentang kebijakan layanan, ataupun aturan kesepakatan ketika berbelanja disana.

Jadi, kali ini saya batal dulu belanja online disana. Mungkin lain kali. Semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi.

Catatan: Tulisan diatas adalah pengalaman saya pribadi sebagai calon pembeli. Dan, pengalaman ini secara pribadi mungkin tidak akan terlalu memengaruhi keputusan saya membeli kebutuhan yang saya bisa dapatkan di EL’S Computer.