OCTO Clicks, Bukan Lagi CIMB Clicks

Sebelum saya menginstal OCTO Mobile, seluruh aktivitas perbankan saya di CIMB Niaga hanya saya lakukan melalui CIMB Clicks sebagai nama layanan internet banking dari CIMB Niaga. Bahkan, transaksi yang saya lakukan cukup umum saja: membayar tagihan kartu kredit, melihat mutasi rekening. Beberapa transaksi lain sudah dilakukan secara otodebet.

Setelah OCTO Mobile dirilis untuk menggantikan Go Mobile, giliran OCTO Clicks hadir untuk menggantikan CIMB Clicks. Saya rasa keduanya — OCTO Mobile dan OCTO Clicks — berusaha hadir untuk memberikan solusi yang lebih lagi terkait layanan perbankan, terutama secara digital.

Jadi, ketika biasaya saya membuka internet banking CIMB Niaga melalui cimbclicks.co.id, sekarang alamat berpindah menjadi octoclicks.co.id. Nama domain lama sudah tidak digunakan lagi.

Dibandingkan desain sebelumnya, tampilan yang baru sangat jauh berbeda. Desainnnya mungkin terlihat lebih modern. Desain yang appealing tentu saja sebuah nilai plus. Tapi, yang lebih penting adalah secara fungsi.

Saya jadi ingat sepotong obrolan gurauan dengan teman saya beberapa tahun lalu. Ketika ditanya kenapa memilih menggunakan bahasa pemrograman X, dijawab, “Karena desain web-nya bagus.” Haha! Apakah tampilan OCTO Clicks akan menarik perhatian orang untuk membuka rekening atau menggunakannya? Mungkin iya, tapi mungkin juga tidak.

Dibandingkan dengan situs internet banking yang saya pakai yaitu BCA dan BNI, desain halaman OCTO Clicks cukup percaya diri dengan tampilan yang beda sendiri. Seluruh layar dimanfaatkan, lagi-lagi a la situs jaman sekarang. Walaupun tujuan dan fitur utama di halaman ini adalah… untuk otentikasi/login.

Menampilkan slideshow di halaman otentikasi mungkin ide yang menarik. Tapi, yang lebih menarik menurut saya adalah bagaimana menempatkan informasi — yang semoga ini akan menjadi informasi yang dinamis — terkait dengan produk perbankan.

Menurut saya, terkait dengan aktivitas daring, halaman internet banking adalah halaman yang paling banyak dikunjungi dibanding halaman utama situs bank.

Setelah login, saya disuguhi dengan cukup banyak informasi. Kali pertama saya login, saya perlu beberapa saat untuk mengeksplorasi bagian-bagian informasi dalam halaman beranda. Cukup “sibuk” informasinya.

Setelah saya lanjutkan dengan melihat beberapa halaman melalui menu yang ada di sidebar, informasi disajikan dengan cukup jelas. Tidak “seimut” sebelumnya. Sekarang, teks disajikan dalam ukuran yang lebih besar. Kolom isian (form) juga disajikan dengan lebih jelas dan (lagi-lagi) modern.

Saya cukup menikmati melihat halaman demi halaman. Walaupun, saya sudah yakin tidak semua akan saya gunakan, karena CIMB Niaga saat ini memang bukan rekening utama yang saya gunakan.

Sepanjang seluruh fitur dapat digunakan dengan baik, saya sudah cukup senang.