Tags
, , ,

Menjajal Kurumi KV 01 Anti Dust Mites UV Vacuum Cleaner (September 2020)

Catatan:

Tulisan ini bukan tulisan bersponsor. Saya tidak mendapatkan imbalan ataupun memiliki kerjasama dengan produsen penghisap debu merek Kurumi ini. Semua yang saya tulis merupakan pendapat pribadi, hasil/pengalaman berbeda dalam menggunakan produk ini tentu sangat mungkin terjadi.


Karena ada di rumah terus selama pandemi, secara otomatis justru makin melihat barang-barang di rumah setiap hari dengan sedikit lebih detil dari biasanya.Dan, beberapa barang yang awalnya jarang terpakai, akhirnya jadi harus dimanfaatkan kembali. Misalnya karpet.

Sumber Debu

Di perumahan tempat saya tinggal, sebenarnya dalam kondisi “normal” lingkungan bisa dikatakan bersih, nyaman. Kendaraan hanya kendaraan pribadi saja, debu pasti ada misal dari jalanan depan rumah yang pakai konblok.

Musim kemarau ini otomatis debu memang jadi cenderung lebih banyak. Dan juga, beberapa rumah di lingkungan perumahan — yang lokasinya sangat dekat dengan rumah saya — sedang banyak aktivitas renovasi. Jadi, selain urusan suara mesin potong, ataupun ketokan palu, debu otomatis jauh lebih banyak.

Apalagi, kalau sudah sampai tahap memotong keramik. Bahkan, saat ini tetangga belakang persis, sedang merenovasi rumah, dan memotong keramik sudah beberapa hari belum selesai. Jadilah, bagian belakang sebisa mungkin ditutup rapat. Tapi, debu potongan keramik kan benar-benar halus ya.

Terbang, mendarat di lantai, kena kaki, masuk rumah… Duh!

Menjajal Kurumi KV 01

Sebenarnya ada vacuum cleaner di rumah, namun model sangat lama, dan sepertinya sudah waktunya dipensiunkan. Oh. ya, proses akhirnya menjajal ini termasuk tidak sengaja. Ketika istri sedang lihat-lihat untuk menyewa permainan untuk anak di rumah, ternyata tempat persewaan tersebut juga menyewakan Kurumi seri KV 01 ini.

Singkatnya, akhirnya kami coba sewa beberapa hari. Tidak ada ekspektasi yang berlebihan, namun daya sedot yang kuat, ada fitur antibacterial UV Light sudah cukup dijadikan alasan.

Kurumi KV 01 yang kami sewa tersedia dalam varian warna merah. Kali pertama datang dan saya buka dari kardus lalu saya pegang, kesan pertama yang saya rasakan adalah alatnya ternyata cukup berat. Dan, ini dioperasikan langsung dengan dipegang tangan, tanpa alat bantu lainnya.

Ada beberapa barang di rumah kami yang memang diprioritaskan untuk dibersihkan mumpung ada alat ini diantaranya sofa utama ruang tamu beserta dengan bantal-bantalnya, sofa bed, kasur tempat tidur, dan karpet. Dimana semuanya adalah barang-barang yang hampir setiap hari digunakan atau bersentuhan.

Karena debu dan partikel kecil memang sangat sulit untuk terlihat, jadilah baru terlihat seberapa kotor barang-barang yang di rumah.

Ketika karpet sebagai barang pertama yang dibersihkan ternyata terlihat sangat kotor — padahal hitungannya cukup jarang dipakai — jadilah makin ‘bersemangat’ untuk membersihkan barang yang lain. Hasilnya? “Seharusnya dari dulu memang harus dibersihkan dengan penyedot debu!”, adalah jawabannya.

Jadi, hasil dari kegiatan bebersih dengan Kurumi KV 01 kali ini cukup baik. Puas juga memakainya. Dan, ini mungkin akan menjadi alasan nantinya untuk beli penghisap debu. Saya sendiri belum menentukan apakah akan langsung beli Kurumi KV 01 ini atau malah merek lain, tapi produk ini saya rasa akan masuk dalam pilihan.

Hasil penyedotan debu dengan Kurumi KV 01 untuk beberapa barang dalam satu sesi pembersihan.

Ulasan Produk Kurumi KV 01

Setelah menggunakan sekitar 2 hari, dan membersihkan beberapa barang, berikut pandangan saya:

Kelebihan Kurumi KV 01

  1. Barang ini cukup ‘handy’. Jadi, dengan dapat dipegang oleh satu tangan, dengan desain yang cukup ringkas, akan membuat kegiatan bebersih cukup menyenangkan.
  2. Ukuran yang compact. Saya lupa ukuran sebenarnya, tapi ini masih cukup untuk dipegang dengan satu tangan saja.
  3. Penggunaan fitur/teknologi. Dengan fitur anti bacterial UV light, sudah seharusnya hasil membersihkan debu (dan tungau!) jadi lebih maksimal.
  4. Mudah dibersihkan. HEPA (High Efficiency Particulate Air) filter sebagai salah satu spare part mudah untuk dibersihkan, selain juga kotak debu (dust bin)-nya.
  5. Kabel cord yang cukup panjang. Saya lupa tepatnya berapa meter, tapi masih cukup panjang untuk langsung dicolokkan dari power outlet terdekat selama saya membersihkan.
  6. Harga cukup terjangkau, sekitar Rp900.000,-

Kekurangan Kurumi KV 01

Walaupun tidak bisa disebut sebagai kekurangan yang menjadikan alat ini bisa disebut jelek, tapi ada beberapa yang mungkin agak terasa kurang menurut saya.

  1. Walaupun handy, alat ini mungkin terasa cukup berat. Terutama ketika dioperasikan untuk membersihkan bidang yang vertikal. Mungkin karena bahan yang digunakan, termasuk semua aksesoris dan komponen memang menjadikannya berat. Walaupun, secara umum saya suka dengan built quality-nya.
  2. Agak sulit menjangkau area tersembunyi/sempit. Misalnya sudut-sudut sofa yang mungkin ada debu atau kotoran lain agak susah dibersihkan, karena secara desain memang tidak ada semacam ekstensi untuk menjangkau area tersebut. Tapi untuk bidang yang rata tanpa sudut sempat seperti karpet atau kasur, alat ini berfungsi dengan sangat baik.

Spesifikasi Kurumi KV 01

  • Berat: 1,9 kg
  • Frekuensi: 50 Hz
  • Kapasitas tempat debu: 0,5 L
  • Lampu UV: 254mm 6Watt
  • Intensitas Suara: 54 dB(A)
  • Daya Hisap: 5 kPa
  • Daya: 400 W

Secara umum, untuk berat bisa dikatakan tidak terlalu ringan juga, apalagi ketika saat dipakai untuk membersihkan area yang bukan mendatar dimana alat ini bisa tinggal didorong atau ditarik. Contohnya, ketika membersihkan sisi vertikal sofa, alat ini harus dioperasikan dengan sedikit tenaga lebih. Suara bising seperti layaknya vacuum cleaner, sangat wajar. Soal istrik, saya tidak terlalu memperhatikan, tapi kalau melihat bahwa di rumah juga ada oven dan juga mesin cuci, apalagi alat ini juga tidak digunakan dalam periode yang lama, saya rasa kebutuhan daya juga sangat oke.

Kesimpulan

Untuk kebutuhan rumah tangga, Kurumi KV 01 ini layak untuk jadi pertimbangan ketika perlu punya vacuum cleaner. Dengan harga masih dibawah satu juta rupiah, tapi dengan fitur yang oke untuk sebuah vacuum cleaner, tentu saya akan mempertimbangkannya.

One reply on “Menjajal Kurumi KV 01 Anti Dust Mites UV Vacuum Cleaner (September 2020)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *