Menjajal Google Station, Layanan Wifi Gratis dari Google

Beberapa hari lalu, ketika saya melewati club house di tempat saya tinggal, saya melihat spanduk yang menunjukkan informasi bahwa layanan Google Station bisa digunakan. Saya melihat logo Google Station dan CBN di sana.

Singkatnya, Google Station ini adalah layanan (dari Google) yang bekerja sama dengan penyedia jaringan koneksi internet untuk menyediakan koneksi hotspot secara cuma-cuma. Selengkapnya di situs Google Station.

Tentang Google Station

Di Indonesia, Google Station sendiri baru tersedia di beberapa propinsi saja, dan kebanyakan di Pulau Jawa. Di Yogyakarta, saya lihat ada beberapa tempat yang sudah menyediakan. Ada yang perumahan, apartemen, dan juga area wisata.

Saat ini, Google Station bekerja sama dengan dua rekanan yaitu CBN dan Fiberstar seperti yang diumumkan pada tahun 2017 lalu. Di tempat saya, jaringan Fiberstar sudah tersedia melalui koneksi internet yang disediakan oleh Citranet.

Google Station ingin menawarkan koneksi gratis yang cepat, stabil, dan ingin menjangkau lebih banyak lokasi. Jadi, mari kita lihat bagaimana kualitasnya.

Menjajal Google Station

Jika ada layanan Google Station, sebuah SSID atau jaringan nirkabel yang tersedia. Di tempat saya, SSID yang terdeteksi adalah “CBN-Google Station“. Ketika terhubung pertama kali, kita tidak bisa langsung menggunakan layanan ini.

Setelah terhubung dengan jaringan, kita akan diarahkan ke https://wifilogin.google.com dan diminta untuk melakukan verifikasi/otentikasi dengan memasukkan nomor ponsel. Kode untuk ‘login’ akan dikirimkan melalui SMS ke nomor tersebut. Selanjutnya, koneksi internet akan dapat digunakan… selama 60 menit.

Jika ingin lebih, kita bisa mendapatkan tambahan akses 30 menit kalau tidak salah dengan melihat iklan. Bagaimana kalau masih belum cukup juga? Saya belum tahu, karena belum mencoba selama 1 jam non-stop atau bahkan menambah waktu 30 menit.

Baca juga:  Pengalaman Mengurus Penggantian Paspor Online di Kantor Imigrasi Yogyakarta (April 2016)

Saat saya mencoba, saya hanya menggunakan ponsel saya.

Karena gratis, ada konsekuensi yang harus kita bayarkan. Yang pertama, tentu kita akan melihat iklan. Kalau tidak salah, di semua halaman (sebelum terhubung ke jaringan internet) saya selalu melihat iklan.

Jangankan yang gratis, koneksi internet berbayar saja kadang masih disisipi iklan kok! Pengguna Telkom IndiHome dan XL Axiata pasti paham tentang ini.

Kecepatan koneksi yang didapatkan melalui Google Station saat saya coba cukup baik juga. Dengan kecepatan 30 Mbps, saya rasa ini lebih dari cukup.