Menjadi Pelanggan Pascabayar XL Prioritas

Sudah setahun lebih saya mengubah layanan dari XL dari prabayar menjadi pascabayar. Perubahan ini sebenarnya karena dulu saya membeli ponsel baru gara-gara ponsel saya hilang ketika saya dalam perjalanan dan saat itu pertimbangan mengatakan lebih baik membeli ponsel secara bundline. Saat itu, pilihan operator ada dua: Indosat dan XL.

Saya memilih XL, dan tetap menggunakan nomor saya yang saya beli saat menggunakan kartu perdana proXL. Ya, sudah lama sekali. Selang beberapa minggu, saya baru sempat berpikir –karena mendengar info dari beberapa teman– kalau nomor XL pascabayar tidak dapat diubah lagi menjadi prabayar. Duh!

Setelah satu tahun, melihat pola penggunakan paket internet saya, saya memutuskan untuk mengubah paket yang sebelumnya PRIO Platinum menjadi PRIO Gold. Walaupun, sebenarnya paket PRIO Silver juga sudah mencukupi, tapi paket tersebut tidak bisa saya pilih. Entah kenapa, mungkin paket tersebut untuk pelanggan baru saja.

Downgrade ke PRIO Gold

Proses downgrade saya lakukan langsung di XL Center Yogyakarta. Cukup banyak antrian siang itu, namun karena cukup banyak petugas layanan yang ada, jadi waktu tunggu saya masih cukup wajar.

Apakah pascabayar XL dapat diubah kembali menjadi prabayar?

Ternyata, saya dapat mengubah kembali layanan menjadi prabayar jika saya mau. Informasi ini diberikan kepada saya, karena nomor saya awalnya memang prabayar. Lain halnya kalau sejak awal nomor yang digunakan memang langsung paket pascabayar. Kebetulan saya ada nomor XL lain –dan belum lama digunakan– yang dipakai oleh istri saya. Ketika saya tanyakan dan dicek, nomor istri saya juga dapat diubah. Alasannya sama: karena sebelumnya merupakan nomor prabayar.

Saya belum berencana untuk kembali ke prabayar. Saya sudah cukup puas dengan layanan pascabayar ini. Info dari layanan pelanggan, prosesnya cukup mudah juga, tinggal datang ke XL Center, dan saldo yang ada akan dikembalikan. Belum tahu apakah perlu ganti simcard fisik atau tidak. Kalau harus ganti, untuk penggantian simcard fisik akan dikenakan biaya Rp10.000,-