Mendapatkan Kembali PIN Kartu Kredit BNI Melalui SMS

Saya cukup sering melakukan transaksi menggunakan . Saya hanya menggunakan dua buah kartu kredit utama dari dan . Mengikuti anjuran keamanan, saat ini kedunya juga sudah menggunakan (Personal Identifiation Number). Diluar transaksi daring — yang (kadang) menggunakan 3D Secure PIN — saya kadang juga menggunakan transaksi langsung menggunakan mesin EDC (Electronic Capture) di beberapa gerai.

Pernah sebenarnya pakai PIN ketika melakukan transaksi, tapi kebanyakan saya gunakan tanpa PIN. Jadi tinggal tanda tangan saja.

871iulias7f13tlkqhsfasf

Ada satu gerai makanan cepat saji dimana saya sudah melakukan transaksi beberapa kali. Dan, selalu menggunakan tanda tangan alias tanpa PIN. Sampai pada akhirnya kemarin saya bertransaksi dan harus menggunakan PIN. Saya tanyakan, apakah ada opsi untuk pakai tanda tangan?

Kata petugas kasir, katanya harus pakai PIN. OK, saya coba mengingat. Saya masukkan PIN kartu kredit, dan ternyata salah. Saya coba sekali lagi, salah lagi.

Karena tidak mau mengambil risiko salah ketiga kalinya, saya akhirnya putuskan untuk menggunakan pembayaran tunai.

Untuk menghindari kejadian serupa, sepertinya perkara PIN ini memang harus dibereskan segera. Nah, bagaimana cara mendapatkannya kembali? Atau me-reset kembali PIN yang saya sudah tidak ingat lagi dengan PIN baru. Datang langsung ke kantor , harus menunggu hari kerja (karena kejadian saya diatas pada Jumat malam). Telepon layanan pelanggan, bisa juga. Tapi, apakah tidak ada cara lain?

Ternyata, bisa dilakukan melalui . Sama seperti sewaktu aktivasi kartu kredit — yang juga melalui SMS. Sepertinya solusi ini paling sederhana. Tapi apakah berhasil atau tidak, tinggal dibuktikan saja.

Kirim SMS ke nomor 3346 dengan format RPIN . Contoh: RPIN 4105123456781267 18111976

Setelah saya kirimkan saya mendapatkan balasan dari nomor 3346 yang dengan informasi PIN baru. Informasi melalui SMS kira-kira seperti berikut:

Permintaan PIN berhasil. PIN Kartu Kredit Gold xx1267 Anda adalah 539163. Untuk keamanan segera ganti PIN Anda di BNI terdekat.

Oh ya, saya mengirimkan SMS tersebut dari nomor ponsel yang memang terhubung dengan kartu kredit saya. Semua beres, tinggal nanti mengubah di ATM saja.