Mencatat Pengeluaran Selagi Sempat

Di akhir tahun atau di awal tahun baru, sepertinya sangat umum muncul niat-niat baru yang menjadi target, entah untuk target pribadi, secara kolektif, sampai dengan terkait dengan pekerjaan. Mumpung awal tahun, jadi memulai sesuatu dari awal sangat menggoda untuk dilakukan.

Untuk tahun 2021 ini, salah satu yang ingin saya dan istri lakukan sebenarnya sesuatu yang seharusnya sudah sangat jauh-jauh hari dilakukan, sudah dilakukan banyak orang, tapi sepertinya banyak lupanya. Karena konsistensinya benar-benar diuji.

Ya, mencatat pengeluaran keuangan.

Seharusnya hal ini bisa menjadi lebih mudah dengan dukungan teknologi dan aplikasi dalam perangkat bergerak. Tapi, di saat yang sama, saat ini metode dan kanal pembayaran juga semakin banyak. Dompet digital saja sudah ada beberapa, belum lagi masih sering terjadi transaksi tunai, bahkan tanpa nota.

Tapi, daripada memikirkan faktor yang membuat ini berat dan menjadi tantangan untuk berhasil, tak ada salahnya dimulai (kembali) lagi. Untuk aplikasi, kami menggunakan Money Lover. Mungkin bukan yang paling baik, tapi selama beberapa tahun ini sudah menggunakan dan sepertinya sudah mencukupi. Dan, aplikasi ini kami gunakan yang versi berbayar.

Hari ini, sudah empat hari digunakan, dan masih cukup baik.

Semua masih tercatat.