KlikIndomaret

Sudah lama saya tahu dan menginstal aplikasi KlikIndomaret di ponsel saya, namun baru beberapa minggu lalu saya benar-benar melakukan transaksi. Walaupun bisa dikatakan hampir tiap hari lewat gerai Indomaret (dan tidak hanya satu), dan cukup sering juga mampir, namun belum terlalu tertarik untuk mencoba secara daring.

Sampai akhirnya, karena lebih baik baik berada di rumah, saya mencoba KlikIndomaret ini. Secara singkat: aplikasi ini secara umum membantu sekali!

Seperti layaknya aplikasi belanja, seluruh fitur utama untuk berbelanja secara daring tersedia semua. Saya sendiri “diarahkan” ke Indomaret yang terdekat dengan lokasi saya.

Proses pertama belanja, saya dikenakan biaya pengiriman sebesar Rp5.000,- — yang menurut saya murah dibandingkan dengan saya harus keluar rumah. Seluruh proses mulai dari pembayaran sampai dengan kurir sampai di rumah juga cukup cepat. Saat itu mungkin kurang dari dua jam.

Karena pengalaman yang baik, saya coba lagi. Bedanya, kali ini ada barang yang ternyata stok tidak ada. Padahal saya sudah terlanjur bayar semua. Dalam kasus saya, saya di telepon oleh (mungkin) pegawai yang menyiapkan order saya, dan diinformasikan bahwa ada barang yang tidak ada, jadi uang saya sebesar nilai produk akan dikembalikan ke saya secara tunai.

Soal harga, semua tertera dengan jelas. Walaupun harga barang di Indomaret tidak selalu lebih murah, tapi paling tidak nominal tertera jelas.

Terakhir kali pesan, saya mendapatkan layanan pengiriman ekpress karena total belanjaan diatas Rp150.000. Jadi, semua pesanan saya datang kurang dari satu jam, dan bebas biaya antar!

Entah seberapa besar efek dari himbauan mengurangi bepergian terhadap kecepatan pengiriman di KlikIndomaret ini. Tapi, kalau tidak terburu-buru sekali, ini jadi pilihan yang cocok.