Tags
,

Google Local Guides (2017)

Ternyata sepanjang tahun 2017 kemarin, saya memberikan sedikit kontribusi dalam Google Local Guides. Ini lebih kepada supaya siapa tahu informasi yang saya ikut bagikan bermanfaat bagi orang lain. Karena, saya sendiri sering kali terbantu dengan kontribusi orang lain melalui Google Maps.

Kalau secara umum (dalam rentang waktu keseluruhan), saya paling banyak memberikan answer (jawaban atas pertanyaan sebuah lokasi seperti ‘Apakah tempat ini hanya melayani pembayaran tunai saja?’), kemudian memberi rating, dan terakhir adalah mengunggah foto.

Kalau tentang apa untungnya, sebenarnya ini lebih kepada ikut berbagi, dan siapa tahu dapat membantu pengguna lain (di Google Maps) yang mungkin sedang mencari informasi tambahan dalam membuat keputusan. Saya sendiri kadang sebelum menentukan apakah saya mengunjungi suatu tempat, saya melihat ulasan dan foto-foto yang dituliskan dan diunggah oleh pengguna lain.

Sebenarnya, Google Local Guides ini juga memberikan beberapa perks kepada penggunanya. Misalnya, tambahan media penyimpanan di Google Drive sebesar 1 TB, kupon diskon hotel/penginapan, kalau tidak salah juga pernah ada diskon pembelian tiket, dan juga pernah berupa saldo GO-PAY dari GO-JEK sampai dengan senilah Rp150.000,-.

Untuk perks yang pernah diberikan, saya cuma klaim yang saldo GO-JEK sebesar Rp150.000,- karena saat itu kebetulan saya sudah ada di Level 5, dan juga tambahan penyimpanan sebesar 1TB dari Google Drive. Namun, 1TB tentu saja tidak dapat saya gunakan maksimal, karena total penggunaan Google Drive saya baru sekitar 10GB saja.