Tags

Tanaman Hidroponik Agak Kurang Cahaya

Sudah beberapa minggu saya memutuskan untuk memcoba membuat instalasi penanaman sendiri di rumah dengan menggunakan pipa pralon. Ukuran yang saya gunakan adalah 3 inchi, dengan netpot berukuran 7cm. Sepertinya ini kombinasi yang cukup pas. Ya, namanya juga eksperimen, jadi masih ada beberapa hal yang bisa diperbaiki. Secara umum sih, untuk pasokan nutrisi AB Mix sudah cukup terdistribusi dengan baik melalui pompa air yang digunakan.

Mengenai lokasi, instalasi ini saya letakkan di halaman belakang, karena lahan memang cukup terbatas. Area memang terkena sinar matahari secara langsung, namun tidak seharian. Mungkin sekitar 2-3 jam saja. Kurang ideal sebenarnya, tapi walaupun tidak terkena sinar matahari langsung, cahaya matahari sih masih bisa terserap.

Hasilnya? Tanaman kangkung yang paling kelihatan efeknya. Walapun terlihat segar, tapi tidak kelihatan cukup gemuk dan berkembang daunnya. Jadi, mungkin khusus untuk kangkung akan saya kembalikan ke sistem wick saja sehingga bisa diletakkan di area yang mendapatkan lebih banyak sinar matahari.

One reply on “Tanaman Hidroponik Agak Kurang Cahaya”

[…] subur saat itu. Tempatnya juga saya letakkan di bawah sinar matahari. Saya kurang tahu efeknya kalau kurang sinar matahari seperti apa, tapi mentimun ini terlihat segar. Ketika dimanakan, teksturnya juga padat, dengan cukup banyak […]