Dikunjungi Petugas Sensus Penduduk 2020

Karena saya belum menyelesaikan pengisian data terkait dengan kegiatan Sensus Penduduk tahun 2020, di bulan September 2020 lalu, ada petugas dari Badan Pusat Statistik yang mendatangi tempat tinggal saya untuk melakukan pendatatan.

Sensus Penduduk 2020 sendiri sebenarnya juga sudah berlangsung dalam periode yang cukup lama. Secara daring (online), proses berjalan dari 15 Februari sampai 29 Mei 2020. Untuk sensus non-daring — disebut juga dengan Sensus Penduduk Wawancara — dilaksanakan dari periode 1-30 September 2020.

Sebenarnya saya sempat untuk mengisi secara daring, tapi saat itu tidak sempat selesai. Di grup warga perumahan juga sudah cukup sering untuk saling mengingatkan. Seingat saya, saat itu tidak mengisi karena terlalu banyak data yang perlu diisikan. Dan, saat itu pengisian data juga diarahkan untuk anggota keluarga lain yang datanya ada dalam Kartu Keluarga.

Untunglah koordinasi dengan warga berlangsung dengan baik. Validasi petugas juga dilakukan dengan baik. Prosesnya sendiri berlangsung cukup cepat, dan petugas yang mendata juga ramah, dengan prosedur yang baik.

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *