Alternatif Wunderlist

Saya lupa kapan pertama kali menggunakan aplikasi task management Wunderlist. Sepertinya sebelum Wunderlist diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2015. Yang pasti, Wunderlist ini salah satu aplikasi favorit saya untuk task management pripadi. Bahkan, untuk kolaborasi juga fitur sangat mencukupi.

Sejak diakuisisi Microsoft, tak banyak yang berubah. Microsoft sendiri sudah punya aplikasi sejenis, yaitu Microsoft To Do. Di akhir 2019, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan ‘mematikan’ aplikasi Wunderlist pada Mei 2020, dan mengarahkan seluruh pengguna untuk berpindah ke To Do.

Masalahnya — menurut saya — To Do ini tak sebaik Wunderlist. Antar muka membingungkan dan sinkronisasi yang kurang berjalan baik menjadi alasan kenapa saya kurang menyukainya.

Christian Reber, sebagai pendiri Wunderlist sendiri sempat berencana untuk membeli kembali Wunderlist, sehingga Wunderlist tidak perlu dimatikan.

Namun, sepertinya langkah tersebut kurang berhasil. Hari ini, Microsoft mengirimkan pengingat kembali ke pengguna Wunderlist untuk berpindah ke Microsoft To Do sebelum 6 Mei 2020.

Sebagai pengganti, saat ini saya tidak memilih To Do. Ada cukup banyak pilihan tapi, untuk sekarang, saya cukup puas dengan Tick TickTick.

Published